Apa yang harus dilakukan ketika market sedang downtrend? Cara profit saat trend turun

Dloplop - Kebanyakan orang ingin mendapat untung dalam tren naik. Namun, pasar tidak selalu naik, tetapi juga memiliki periode turun, dan itu disebut Downtrend. 

Tapi apa sebenarnya Downtrend itu? Kapan pasar dianggap sebagai tren turun? Apa yang harus dilakukan investor saat downtrend? Yuk, cari tahu lebih lengkapnya di konten artikel di bawah ini.

Apa itu Downtrend dalam Investasi

Downtrend adalah....

Apa itu tren turun (Downtrend) ?

Downtrend adalah istilah yang menunjukkan pasar sedang dalam tren turun. Saat Anda melihat grafik harga, Anda dapat melihat bahwa puncak berikut lebih rendah dari yang sebelumnya, dan palung berikutnya juga akan lebih dalam dari yang sebelumnya.

Sangat penting untuk mengenali atau memprediksi sebelum terjadi Downtrend. Karena:

  • Ketika investor menyadari bahwa pasar sedang atau memiliki tanda-tanda Downtrend, mereka akan segera menjual aset mereka untuk membatasi kerugian sebanyak mungkin. Jika beruntung, investor bisa menyimpan modalnya.
  • Di beberapa pasar, seperti koin, derivatif, dll., investor dapat memperoleh keuntungan dari kontrak berjangka dengan menekan PENDEK

Apa karakteristik pasar Downtrend?

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi pasar Downtrend, terkadang Anda hanya perlu melihat harga koin/saham yang terus-menerus kehilangan nilainya untuk menentukan bahwa pasar sedang dalam tren turun.

Kapitalisasi pasar : Downtrend diidentifikasi terjadi ketika kapitalisasi pasar turun tajam, karena investor terus menerus menarik modal dari pasar.

Tidak banyak uang yang mengalir ke pasar : Biasanya investor cenderung menggunakan DCA – rata-rata modal atau membeli lebih banyak aset baru untuk mendapatkan posisi yang baik saat harga terkoreksi. Tetapi ketika tren turun terjadi, harga terus menguat tetapi likuiditasnya sangat ketat.

Psikologi umum pasar adalah ketakutan : Psikologi kerumunan adalah salah satu faktor penting yang secara langsung mempengaruhi harga. Pada saat ini, semua orang terjual habis, masih menjual, menjual terlepas, mengarah ke panggilan margin silang, dan pasar turun lebih kuat lagi. "Downtrend akan membuat semua orang Warren Buffett" 

Kabar baik, kabar buruk, harga masih turun : Saat pasar memiliki kabar baik, harga koin/saham kemungkinan akan meningkat. Tapi pas trend turun, padahal ada kabar baik: bisnis untung, coin project punya partner baru... harga tetap turun.

Bagaimana cara mengidentifikasi pasar Downtrend?

Dari segi analisa teknikal, ada berbagai indikator yang membantu dalam menentukan tren bearish. Pada artikel ini, saya akan memandu Anda tentang 3 cara sederhana dan sangat andal untuk mengidentifikasi Downtrend.

Menggunakan Trendline (garis tren)

 Fase Downtrend adalah ketika harga membentuk garis tren miring ke bawah yang menghubungkan puncak bersama-sama. Di mana, puncak berikutnya lebih rendah dari yang sebelumnya dan yang terakhir lebih rendah dari yang sebelumnya.

Menggunakan MA . (rata-rata bergerak)

Ketika banyak orang ditanya apa itu tren turun, mereka sering mendefinisikannya sebagai terdiri dari puncak-puncak berikutnya yang lebih rendah dari yang sebelumnya.

Jadi ketika puncak berikutnya lebih tinggi dari yang sebelumnya, apakah tren turun sudah berakhir? Jawabannya tidak pasti, karena terkadang hanya "kemunduran yang sedikit rumit". Trennya belum berakhir. 

Dalam downtrend, sebagian besar harga akan bergerak di bawah MA. Rata-rata bergerak yang miring ke bawah berarti harga sedang turun yang menunjukkan bahwa pasar sedang dalam tren turun.

Menggunakan RSI

Biasanya selama Downtrend, sebagian besar RSI akan bergerak di bawah level 50.

Gunakan resistensi dan dukungan

Anda dapat berlatih mengamati level support dan resistance. Menurut teori support, jika harga menembus level support, itu akan turun lebih jauh, dan dalam waktu dekat, akan ada tren turun jangka pendek.

Jika Anda menangkap sinyal segera setelah harga menembus support, Anda dapat dengan cepat mengurangi bobot aset, sehingga memastikan kerugian paling kecil.

Selain itu, memasukkan informasi tentang ekonomi, makro, bisnis ..., jika itu berita buruk, misalnya: kenaikan inflasi, kenaikan suku bunga, epidemi, dll, itu akan berdampak negatif pada investasi, dan Biasanya koin dan surat berharga akan jatuh ke dalam tren turun yang berkepanjangan, terutama setelah periode waktu ketika pasar telah meningkat tajam.

Kapan Downtrend akan berakhir?

Prinsip Downtrend rusak. Puncak berikutnya tidak lebih rendah dari yang sebelumnya dan yang terakhir tidak lebih rendah dari yang sebelumnya => tren turun sudah berakhir.

Ketika downtrend berakhir, pasar kemungkinan akan jatuh ke dalam dua kasus: Sideways (sideway), atau Uptrend lagi (uptrend). Tapi biasanya akan sideways untuk jangka waktu tertentu (kadang butuh beberapa bulan hingga satu tahun), menyebabkan banyak investor putus asa, meninggalkan pasar, lalu pasar bisa bangkit kembali.

Selain itu, Anda dapat memantau lebih banyak informasi tentang pasar, jika itu adalah berita positif tentang ekonomi, bisnis, dll, dapat menjadi landasan peluncuran saluran investasi untuk menaikkan harga lagi.

Apa yang harus dilakukan investor dalam Downtrend?

Apa yang harus dilakukan investor dalam Downtrend?

Jika Anda belum bergabung dengan pasar : Saat Downtrend terjadi, dan uang menganggur, selalu pertahankan prinsip manajemen modal Anda. Jangan sabar melihat market turun 20% - 30%, lalu loncat, lalu harus melihat aset Anda turun sedikit demi sedikit. Siapkan strategi DCA yang metodis, jangan tidak sabar, jauhi stok sampah, koin sampah, beli hanya koin platform teratas atau stok teratas. Karena mereka adalah aset yang dapat dengan mudah rebound ketika pasar pulih, dan semakin rendah harga beli, semakin baik peluang bagi Anda.

Jika Anda all in dan kalah banyak : Jangan salahkan diri Anda sendiri, karena tidak ada yang bisa memprediksi dengan tepat kapan downtrend akan dimulai. Ini adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh siapa pun. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah:

Jaga pikiranmu : Pasar tidak bisa naik selamanya, tetapi dalam jangka panjang akan menjadi uptrend. Naik turunnya pasar baru menciptakan daya tarik dan peluang bagi peserta. Investasi keuangan adalah proses penemuan dan pemahaman, tidak dalam semalam. Jika Anda tidak memasukkan modal terlalu banyak, berinvestasi dengan uang menganggur, tidak perlu khawatir.

Jangan dengarkan grup : Ketika pasar masuk negatif, banyak burung dan babi, grup di forum, facebook semua merilis informasi yang menyebabkan banyak orang panik dan menjual. Kali ini harus fokus membaca lebih banyak tentang pasar, saham, koin ... untuk mengetahui informasi mana yang baik atau buruk, proyek mana yang harus diinvestasikan dengan lebih baik.

Jual lebih sedikit aset, turunkan proporsinya secara bertahap : Meskipun Anda mungkin kehilangan uang dengan menjual saham, ingatlah bahwa “Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik” ketika pasar turun lebih jauh. Jika Anda berada di bawah tekanan pada margin atau uang pinjaman, Anda dapat dengan cepat menutup pesanan untuk meminimalkan risiko. Jika tidak, Anda dapat secara bertahap mengurangi proporsinya, sekitar 30% - 50% - 70% dari aset.

Tidak ada margin leverage yang tinggi untuk mengejar posisi terbawah : Ini adalah kesalahan banyak investor baru, terutama setiap kali terjadi crash pasar. Yang terbaik adalah menjauh dari Margin, Future jika Anda tidak ingin suatu hari dipanggil pada margin dan kemudian menghapus akun Anda.

Jangan meminjam uang dengan harga rata-rata : Investasikan hanya dengan uang idle, jangan pinjam uang investasi, terutama saat downtrend. Karena ketika downtrend terjadi, sangat mungkin low hari ini adalah top besok.

Anda hanya boleh memasukkan pesanan saat pasar menyentuh area support yang kuat : Jika menurut Anda pasar masih bagus, Anda dapat mempertimbangkan harga rata-rata atau memasuki pasar saat harga menyentuh support, karena harga ini terkadang sangat bagus. Selanjutnya, ketika harga menyentuh support yang kuat, biasanya akan bangkit kembali untuk beberapa saat dan kemudian turun lebih dalam atau melambung ke atas dan mungkin menyamping untuk sementara waktu dan kemudian naik.

Pertimbangkan untuk meninggalkan pasar : Downtrend tidak dapat ditentukan secara pasti kapan dan seberapa dalam ia akan turun, jadi memilih untuk meninggalkan pasar bukanlah ide yang buruk. 

Matikan aplikasi, fokus pada pekerjaan utama, tunggu siklus uptrend : Jika Anda berinvestasi dari uang menganggur maka ini adalah pilihan terbaik untuk Anda. Fokus pada pekerjaan, nikmati hidup bersama keluarga. Setiap downtrend akan berlalu, musim uptrend akan datang lagi, mungkin Anda akan kembali ke pantai, atau bahkan mungkin menguntungkan di musim uptrend berikutnya.

Cara menghasilkan uang saat pasar sedang Downtrend

Tetapi dalam pengalaman investasi saya, jika Anda memutuskan untuk mencapai furute, maka pertimbangkan rasio leverage yang wajar, yang harus sangat tebal agar harga dapat dilikuidasi jauh, dan selalu harus menetapkan Stop Loss tertentu.   Selengkapnya tentang Future Cryptocurrency

Saya telah berbagi dengan Anda apa itu Downtrend, serta apa yang harus dilakukan ketika pasar sedang downtrend. Namun, bagi banyak investor berpengalaman, mereka masih bisa menghasilkan uang setiap kali tren turun terjadi. Ini termasuk:

Berselancar jangka pendek

Strategi ini untuk semua orang. Karena meskipun sedang downtrend, selalu ada gelombang retracement. Di saham, Anda dapat mengamati level support yang kuat, membeli dan menunggu T3, bahkan jika Anda mendapat untung 5%, Anda juga akan menjual. Atau jika Anda memiliki saham di akun Anda, Anda tidak perlu khawatir terjebak di T3, dapat membeli dan menjual langsung di sesi atau berselancar di T1, T2. Perhatikan bahwa tingkat pencairan saat ini hanya boleh maksimal 30% dari aset. 

Ketika saham baru saja kembali ke akun, keuntungan 5,7% juga harus ditutup. Jika kerugian terburuk adalah 10%, Anda harus segera memotong kerugian Anda, biayanya hanya 3% dari total aset, ini adalah angka kerugian yang ideal dalam Downtrend.

Di sisi koin, Anda dapat melakukan scalping, yang berarti trading hanya dalam beberapa menit, beberapa jam. Namun, metode ini hanya cocok untuk mereka yang memiliki pengetahuan, dan kemungkinan menang dari pasar masih 50-50, dan terkadang kalah lebih banyak daripada menang.

Bergabunglah dengan Futures

Di pasar koin, bermain PENDEK, untuk sekuritas, untuk berinvestasi dalam derivatif melalui kontrak berjangka.

Tetapi dalam pengalaman investasi saya, jika Anda memutuskan untuk mencapai furute, maka pertimbangkan rasio leverage yang wajar, yang harus sangat tebal agar harga dapat dilikuidasi jauh, dan selalu harus menetapkan Stop Loss tertentu. 

Selengkapnya tentang Future Cryptocurrency

Jangan memasukkan banyak uang ke Futures, bahkan ketika pasar sedang downtrend, karena sangat berisiko. Hanya memainkan modal kecil untuk mengejar pasar, saat bermain Futures, sebagian besar orang kehilangan lebih dari yang mereka dapatkan.

Bergabunglah dengan koin Airdrop

Di pasar downtrend, proyek koin pasti akan jatuh ke dalam keadaan depresi, tanpa motivasi untuk bekerja (karena koin terus-menerus jatuh). Oleh karena itu, ini adalah tahap pemurnian pasar, membantu kami mengidentifikasi mana yang merupakan proyek pembangun, penipu.

Selengkapnya tentang : Airdrop Cryptocurrency

Selama periode ini, akan ada airdrop dari proyek yang bagus. Pada saat downtrend sebaiknya kita melakukan airdrop, karena akan mengurangi persaingan ketika banyak orang meninggalkan pasar. Saat proyek mengembalikan token ke dompet, Anda harus menahannya dan menunggu musim tren naik. Tetapi ketahuilah bahwa Anda hanya boleh melakukan taruhan tanpa biaya atau sangat sedikit. Batasi partisipasi dalam proyek yang harus menginvestasikan terlalu banyak uang.

Bergabunglah dengan Staking koin

Anda dapat berinvestasi dalam koin Proof-of-Stake (PoS) dan mengunci aset Anda di jaringan untuk mendapatkan hadiah staking. Namun, dalam hal hadiah Staking, koin yang berbeda akan memiliki tingkat bunga yang berbeda. Meskipun terlihat sangat menarik dalam hal suku bunga, ada risiko bahwa, saat koin baru dicetak, persediaannya menipis, yang menyebabkan inflasi, jadi pelajari juga tokenomik setiap proyek untuk memilih koin yang tepat.

Staking mungkin merupakan cara paling sederhana untuk meningkatkan nilai portofolio jangka panjang Anda, dan ini menghilangkan tekanan obsesif dari fluktuasi harga harian. Hanya karena aset masih bisa menguntungkan bagi pengguna selama masa pasar yang suram

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url