Beberapa Tips Keamanan Untuk Melindungi Aset Crypto

Dloplop - Apakah Anda menyimpan Bitcoin, bertransaksi kripto atau membuat akun dengan platform perdagangan? Jika demikian, selalu ada kemungkinan seseorang akan mencuri dari Anda.

CipherTrace telah menyajikan Laporan Anti Pencucian Uang Cryptocurrency dengan data menarik. Dalam tiga kuartal pertama tahun 2018, peretas mencuri cryptocurrency senilai $930 juta.

Seorang hacker mempelajari laptop Anda dan melihat hal yang sama dengan bibliophile ketika mereka melihat sebuah buku di bangku taman.

Apakah menurut Anda, mereka akan mengambil buku ini atau tidak? Kabar baiknya adalah bahwa bahkan pengguna tanpa latar belakang teknis dapat melindungi data mereka.

Bagaimana?

Berikut adalah Beberapa Tips Keamanan Untuk Melindungi Diri Anda Dari Peretas

Tips melindungi aset crypto anda dari serangan hacker

1. Otentikasi dua faktor 2FA

Pelanggan mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akun mereka dari akses yang tidak sah.

Mekanisme ini menambahkan langkah ekstra ke proses masuk. Ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode saat mereka masuk.

Untuk menggunakannya, Anda mungkin ingin mengunduh aplikasi autentikator dari App Store dan dari Google Play atau memverifikasi akses Anda melalui alamat email Anda.

Setelah mengaktifkan 2FA, Anda harus memasukkan kode setiap kali mengakses platform/dompet/aplikasi.

2. Mesin virtual untuk unduhan perangkat lunak

Orang-orang menginstal mesin virtual di atas sistem operasi mereka dengan tujuan. Ini menciptakan lingkungan yang terisolasi dari sistem operasi dasar Anda.

Mengapa Anda perlu mengisolasi sistem operasi Anda?

Katakanlah, Anda tidak ingin menjalankan malware berbahaya yang diunduh dari Internet. Mesin virtual akan mengecualikan risiko kompromi OS utama Anda.

Tentu saja, itu mungkin tidak berhasil melawan peretas yang baik. Tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

VirtualBox dapat Anda gunakan untuk Windows, Linux atau Mac OS X. VMware Player bagus untuk digunakan dengan Windows dan Linux.

VMware Fusion dan Parallels Desktop adalah solusi Mac OS.

3. Pengelola kata sandi

Sebagian besar pengelola kata sandi terlihat seperti plugin yang Anda instal ke browser Anda.

Dibandingkan dengan browser, pengelola kata sandi tidak hanya mengisi kredensial Anda. Mereka menandai kata sandi yang lemah dan menawarkan bantuan dengan proses pembaruan kata sandi.

Plus, mereka membuat dan menghafal kata sandi yang rumit. Tentu saja, sulit untuk memasukkan kata sandi yang rumit di ponsel Anda.

Itu sebabnya pengelola kata sandi teratas dapat menyinkronkan di perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS.

Namun, penting untuk memilih manajer yang kredibel. Jika peretas memecahkannya, Anda mungkin kehilangan segalanya. Pertimbangkan Dashlane, Keeper, LastPass, LogMeOnce dan banyak lagi.

4. Antimalware / Antivirus

Jika Anda berusia lebih dari 25 tahun, Anda harus ingat saat antimalware menjadi bintang rock OS Anda.

Kaspersky, Norton, McAfee, Bitdefender.

Program-program ini mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat lunak berbahaya pada PC Anda.

Virus, rootkit, ransomware, dan spyware semuanya enak untuk antimalware Anda. Jadi, jangan lupakan itu!

5. Cadangan data

Backup data adalah proses duplikasi data. Anda melakukannya untuk mengambil info berharga jika terjadi peristiwa kehilangan data.

Ingat bagaimana orang tua Anda dulu mengunduh data dari hard drive komputer ke satu set floppy disk kecil?

Cadangkan data dari jarak jauh dengan layanan cloud, otomatiskan proses pencadangan Anda dengan RAID atau teknologi mirror, atau cukup unduh ke perangkat portabel kecil.

6. Jangan Menggunakan Wi-Fi publik

Mengapa jaringan Wi-Fi publik kurang aman daripada jaringan pribadi Anda? Bagi peretas, lebih mudah untuk mencegat data yang dikirim melalui Wi-Fi publik jika mereka mengaturnya sendiri.

Tetapi apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kemungkinan kehilangan data?

Beberapa tautan mungkin hanya terlihat seperti JFK, Starbacks, atau Hotel Plazza. Apakah Anda melihat sesuatu yang mencurigakan tentang kalimat sebelumnya?

Ini sebenarnya Starbucks. Waspadalah terhadap hal-hal seperti itu. Gunakan VPN, 'terowongan pribadi' yang mengenkripsi data yang melewati jaringan.

Pertimbangkan untuk menggunakan ponsel Anda atau lindungi perangkat Anda dengan solusi antimalware.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url