Sejarah Bitcoin Yang Perlu Kamu Ketahui

Dloplop - Kamu ingin lebih tahu tentang apa itu bitcoin serta kegunaannya? Yuk simak baik-baik penjelasannya.
Berikut adalah penjelasan tentang sejarah bitcoin.

Sejarah Bitcoin Yang Perlu Kamu Ketahui

Apa itu bitcoin dan apa kegunaannya ? 

Tidak seperti uang tradisional, Bitcoin tidak dikeluarkan oleh Bank atau didukung oleh pemerintah. Akibatnya, tingkat inflasi, kebijakan keuangan, serta indikator perkembangan keuangan yang biasanya memengaruhi nilai mata uang tidak dimasukkan ke dalam Bitcoin.

Bitcoin didasarkan pada blockchain, yang merupakan buku besar elektronik terdistribusi. Blockchain adalah kumpulan data yang terhubung yang terdiri dari sistem yang disebut blok yang terdiri dari informasi mengenai setiap transaksi, seperti pembeli dan vendor, waktu dan hari, nilai total, dan juga kode pengenalan unik untuk setiap pertukaran. Entri dilampirkan dalam urutan kronologis, membentuk rantai blok digital.

Ketika sebuah blok dikirimkan ke blockchain, itu menjadi ditawarkan kepada setiap individu yang mempertimbangkannya, akibatnya bertindak sebagai catatan publik untuk pembelian cryptocurrency. Blockchain terdesentralisasi, artinya entitas soliter tidak mengelolanya. Rantai blok digital mirip dengan Google Dokumen yang dapat dimodifikasi oleh setiap individu. Itu tidak dimiliki oleh siapa pun, tetapi siapa pun yang memiliki tautan web dapat berkontribusi padanya. Saat individu yang berbeda melakukan penyesuaian, salinan Anda juga ditingkatkan.

Sementara gagasan bahwa setiap orang dapat mengedit blockchain mungkin tampak berbahaya, justru itulah yang membuat Bitcoin dapat dipercaya dan dilindungi. Untuk dimasukkan dalam blockchain Bitcoin, blok pembelian harus divalidasi oleh mayoritas penambang Bitcoin.

Kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dompet pelanggan dan transaksi harus mengikuti pola keamanan yang sesuai. Karena kode khusus ini adalah nomor acak yang panjang, pemalsuannya sangat sulit. Keacakan statistik dari kode konfirmasi blockchain yang diperlukan untuk setiap transaksi secara dramatis mengurangi kemungkinan pembelian Bitcoin yang menipu yang dilakukan oleh siapa pun yang terhubung ke jaringan.

Kenapa Bitcoin diciptakan?

Selama abad ke-19 dan ke-20, sejumlah mata uang paling terkemuka di dunia dapat ditukarkan dengan sejumlah emas atau elemen tanah jarang lainnya. Namun demikian, sebagian besar negara mengabaikan persyaratan emas antara tahun 1920-an dan juga tahun 1970-an, sebagian karena tekanan uang dua perang dunia dan ketidakmampuan produksi emas di seluruh dunia untuk tetap berada di puncak pertumbuhan keuangan.

Selain itu, barang berharga fisik seperti emas dan perak sebelumnya diperdagangkan untuk aset dan solusi. Karena properti fisik sulit untuk dibawa dan rentan terhadap kehilangan dan pencurian, namun lembaga keuangan menyimpannya untuk individu, membuat catatan yang memverifikasi kepemilikan bank pelanggan.

Individu mengandalkan lembaga keuangan untuk melestarikan nilai mata uang mereka dan melindungi dana mereka. Antara 2008 dan 2009, bagaimanapun, banyak lembaga keuangan dan perusahaan keuangan lainnya gagal di seluruh dunia dan pemerintah federal harus menyelamatkan mereka dengan biaya pembayar pajak.

Kegagalan bank (sebagai penjaga dana publik) menyoroti betapa rapuhnya sistem ekonomi modern dan kebutuhan untuk mendesentralisasikan layanan ekonomi untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Karena itu, Bitcoin dipandang sebagai reaksi terhadap Krisis Keuangan Hebat serta ketergantungan dunia moneter pada bank sebagai perantara kesepakatan keuangan.

Satoshi Nakamoto memiliki ide untuk menghilangkan lembaga keuangan dari transaksi moneter dan juga mengubahnya dengan sistem penyelesaian peer-to-peer (P2P) yang tidak memerlukan verifikasi pihak ketiga, menghilangkan kebutuhan lembaga keuangan untuk mempromosikan setiap pembelian. Blockchain, buku besar berbasis jaringan, adalah bagaimana Bitcoin dan berbagai cryptocurrency lainnya menciptakan dana perwalian. Jadi, kapan Bitcoin diproduksi?

Ketika blok pertama, yang dikenal sebagai blok genesis, ditambang pada 3 Januari 2009, blockchain secara resmi dirilis. Seminggu kemudian, transaksi tes pertama terjadi. Blockchain Bitcoin baru saja ditawarkan kepada penambang yang memverifikasi pembelian Bitcoin selama beberapa bulan pertama keberadaannya.

Bitcoin tidak memiliki nilai finansial yang sebenarnya sekarang. Penambang-- peralatan yang memecahkan masalah matematika yang rumit untuk menemukan Bitcoin baru dan memvalidasi bahwa transaksi Bitcoin yang ada adalah sah dan juga akurat-- akan memperdagangkan Bitcoin untuk kesenangan.

Kesepakatan keuangan pertama membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk diselesaikan, ketika seorang pria Florida setuju untuk memiliki dua pizza Papa John seharga $25 yang disediakan untuk 10.000 Bitcoin pada tanggal 22 Mei 2010. Hari ini telah diperingati sebagai Hari Pizza Bitcoin sebelum hari itu.

Harga dunia nyata awal atau nilai Bitcoin ditetapkan pada empat BTC per sen karena pembelian ini. Pemantauan rantai pasokan, perencanaan sumber daya lintas-perusahaan, logistik, perdagangan daya, DAO atau perusahaan swakelola terdesentralisasi serta banyak aplikasi lain saat ini sedang diperiksa dengan Bitcoin.

Kapan Bitcoin dibuat?

Bitcoin dibuat setelah situasi ekonomi 2008 melalui kertas putih yang ditulis oleh entitas pseudonim atau tim orang yang disebut Satoshi Nakamoto. Krisis berfungsi sebagai motivator kuat untuk kemajuan Bitcoin. Panduan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sudah berapa lama Bitcoin ada, siapa yang memulai Bitcoin dan untuk apa Bitcoin digunakan?

Krisis keuangan tahun 2007 serta 2008-- biasanya disebut sebagai dilema hipotek subprime-- adalah peristiwa global yang mengakibatkan kontraksi likuiditas yang cukup besar di pasar ekonomi dunia (yang dimulai di AS) karena runtuhnya pasar perumahan.

Ketika dunia ditelan oleh kemerosotan ekonomi di seluruh dunia yang disebabkan oleh terlalu banyak anggapan pasar ekonomi dan lembaga keuangan yang menanggung risiko dana deposan yang tak terhitung jumlahnya, buku putih meletakkan dasar bagi uang digital awal yang sepenuhnya praktis berdasarkan teknologi jurnal terdistribusi. (DLT) disebut blockchain. Jadi, apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya?

Buku putih Bitcoin adalah dokumen pertama yang memaparkan prinsip-prinsip sistem pembayaran elektronik peer-to-peer (P2P) yang aman secara kriptografis yang pada dasarnya dibuat agar tahan terhadap sensor dan transparan, sambil memulihkan kekuatan finansial bagi orang-orang.

Bitcoin adalah uang elektronik, juga dikenal sebagai cryptocurrency, yang berfungsi secara individual dari semua jenis otoritas pusat. Cryptocurrency adalah cara pertukaran elektronik yang mengamankan dan juga memverifikasi transaksi menggunakan enkripsi file. Keamanan mengacu pada metode mengubah teks sederhana menjadi teks yang tidak berharga atau arbitrer yang disebut ciphertext. Studi penelitian tentang teknik interaksi yang dilindungi yang mengizinkan hanya pengirim dan penerima pesan yang ditunjuk untuk meninjau komponennya disebut sebagai kriptografi.

Bitcoin dikembangkan sebagai pilihan untuk mata uang fiat yang ada yang dapat diidentifikasi sebagai uang dunia. Saat ini, mata uang fiat seperti pound ekstra Inggris dan juga dolar AS adalah jenis uang tunai yang paling banyak digunakan secara internasional. Mata uang fiat diatur oleh pemerintah federal nasional dalam hal pasokan dan penciptaan serta didukung oleh ketergantungan dan kepercayaan pemerintah.

Namun demikian, Bitcoin menggunakan teknologi modern peer-to-peer untuk membantu kesepakatan antara pihak-pihak yang berpikir bahwa kepemilikan yang ditransfer memiliki nilai yang melekat. P2P menggambarkan pertukaran langsung aset, seperti Bitcoin, antara individu tanpa gangguan otoritas pusat.

Apa itu Dompet Bitcoin dan juga bagaimana fungsinya?

Dompet Bitcoin adalah anggaran elektronik yang mungkin menyimpan Bitcoin dan berbagai mata uang kripto lainnya seperti Ethereum (ETH). Sebuah dompet Bitcoin (atau semua jenis dompet kripto) adalah anggaran elektronik yang menyimpan trik keamanan yang memberikan aksesibilitas ke alamat publik BTC dan juga memungkinkan pembelian. Ada 5 jenis dompet Bitcoin: seluler, internet, komputer desktop, perangkat keras, dan kertas.

Anggaran Bitcoin tidak hanya menyimpan mata uang digital Anda, tetapi juga melindunginya dengan rahasia pribadi khusus yang hanya Anda dan orang lain yang Anda tawarkan kode untuk dapat mengaksesnya. Dompet kripto memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengirim, dan menerima berbagai koin serta token. Beberapa berurusan dengan kesepakatan standar, sementara yang lain menyertakan akses bawaan ke aplikasi terdesentralisasi berbasis blockchain, atau DApps.

Saat Anda mengembangkan dompet Bitcoin, Anda akan diberikan rahasia eksklusif serta trik publik yang terkait dengan anggaran Anda. Saat Anda membuat dompet Bitcoin, Anda pasti akan diberikan kunci pribadi dan juga trik publik yang terhubung ke dompet Anda.

Kunci publik mendekati alamat email yang dapat ditunjukkan kepada siapa saja. Ketika dompet Anda dikembangkan, kunci publik dibuat yang dapat Anda bagikan dengan siapa saja untuk menerima dana.

Kunci eksklusif adalah trik yang dijaga dengan hati-hati. Ini menyerupai kata sandi Anda karena tidak boleh diretas dan tidak boleh ditunjukkan kepada siapa pun. Sebaliknya, Anda menginvestasikan uang Anda menggunakan rahasia pribadi ini. Jika seseorang mendapatkan akses ke trik eksklusif Anda, ada kemungkinan akun Anda akan diretas dan Anda pasti akan kehilangan semua uang muka cryptocurrency Anda.

Apa itu pertukaran Bitcoin, dan juga bagaimana menangani Bitcoin?

Pertukaran Bitcoin adalah industri elektronik di mana para pedagang dapat membeli serta menjual BTC dengan menggunakan mata uang fiat yang berbeda serta altcoin. Pertukaran mata uang Bitcoin adalah sistem di internet yang berjalan sebagai perantara antara pembeli BTC serta vendor.

Trader dapat membeli serta menawarkan Bitcoin menggunakan market order atau limit order, sangat mirip dengan bursa saham biasa. Untuk perdagangan Bitcoin di bursa, pelanggan awalnya harus mendaftar di bursa dan setelah itu menjalani berbagai proses verifikasi identifikasi. Setelah otentikasi berhasil, akun pelanggan dibuat dan mereka harus memasukkan dana ke dalamnya sebelum mereka dapat membeli atau menawarkan BTC.

Seberapa rahasia Bitcoin?

Bitcoin secara teratur disebut "rahasia" karena dapat dikirim dan diperoleh tanpa mengungkapkan semua jenis info yang dapat dikenali secara langsung. Namun, mendapatkan anonimitas praktis dengan BTC bisa jadi sulit dan juga privasi lengkap mungkin tidak dapat dicapai.

Mengirim dan juga mendapatkan Bitcoin mirip dengan menulis secara anonim. Jika nama samaran penulis pernah dikaitkan dengan identitas mereka, apa pun yang pernah mereka buat sebelumnya dengan nama itu pasti akan terhubung dengan mereka juga.

Nama samaran Anda adalah alamat tempat Anda mendapatkan Bitcoin dalam Bitcoin. Setiap pembelian yang melibatkan alamat dicatat di blockchain kapan saja. Setiap transaksi pasti akan terhubung dengan Anda jika alamat Anda pernah cocok dengan identitas Anda. Oleh karena itu, Bitcoin adalah nama samaran, bukan rahasia.

Semoga artikel ini menambah wawasan anda tentang bitcoin dan Cryptocurrency.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url