Istilah-istilah yang harus diketahui oleh pemula sebelum terjun dunia crypto, Lengkap !

Perkembangan crypto saat ini terbilang sudah sangat pesat dan sudah mulai dikenal banyak masyarakat. 

Di indonesia sendiripun banyak Public Figure yang mulai merambah ke dunia cryptocurrency untuk memulai trading dengan aset crypto. 

Untuk para pemula atau yang ingin memulai menjadi trader di aset crypto. Penting untuk diketahui tentang istilah istilah yang sering muncul digunakan para pemain crypto lainnya . 

Apa saja sih istilah yang sering digunakan oleh pemain crypto yuk simak ... 

ISTILAH ISTILAH CRYPTOCURRENCY

istilah-istilah yang harus diketahui oleh pemula sebelum terjun dunia crypto, Lengkap !

apa itu Cryptocurrency ?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang bekerja tanpa otoritas sentral, Mata uang crypto dapat langsung ditransaksikan antara pengguna tanpa ada lembaga yang menjadi penengah dengan menggunakan system blockchain yang aman,cepat dan sulit untuk di retas.

Mata uang digital ini tidak memiliki otoritas sentral yang berarti setiap pengguna memiliki kebebasan untuk menyimpan, mengirim atau menerima uang dengan metode pembayaran murah dan cepat. 

apa itu Blockchain ?

Blockchain adalah sebuah sistem yang terdesentralisasi dan tidak memiliki otoritas sentral, sebagai suatu sistem yang keseluruhan pengambilan keputusannya diserahkan kepada para pengguna sistem tersebut.

Sistem desentralisasi pada blockchain ini juga otomatis memvalidasi dan integritas keaslian data tanpa memerlukan otoritas sebuah lembaga

Apa itu airdrop dan pengertian tentang airdrop di dunia cryptocurrency

apa itu Airdrop ?

Airdrop adalah distribusi token coin cryptocurrency ke berbagai dompet crypto yang di bagikan secara cuma cuma kepada sebagian pengguna atau komunitas. disebarkan untuk perkenalan project suatu komunitas ke semua orang dengan system di bagikan berulang.

Biasanya yang membagikan keberadaan airdrop ini dan cara mengundang banyak orang untuk mengikuti program airdrop akan di beri reward berupa aset kripto.

Strategi ini sangat efektif untuk membangun komunitas project menjadi lebih besar, maka dari itu lah untuk project project token lebih memilih untuk memperkenalkan aset nya melalui program airdrop dibandingkan dengan memperkenalkan lewat media periklanan.

Baca juga : Cara mendapatkan bitcoin gratis

apa itu Wallet ?

Wallet adalah Dompet mata uang kripto, wallet cryptocurrency ini berisi program perangkat lunak yang memberi pengguna akses ke semua mata uang kripto yang dimiliki dan memungkinkan untuk mengelola kepemilikan, menyimpan, menerima dan mengirim koin kripto. 

Jika kamu ingin membuat dompet crypto saya sarankan U ntuk menggunakan Trustwallet atau Metamask , silahkan baca juga Cara membuat akun Trustwallet 

apa itu Token ?

Token adalah aset digital yang diterbitkan oleh suatu project, yang bisa digunakan untuk pembayaran agar bisa menikmati layanan yang disediakan oleh project tersebut. 

Token umumnya di hosting atau menumpang di blockchain lain seperti Ethereum atau BinanceSmartChain yang berfungsi pada kontrak pintar seperti Ethereum dan mendanai kontrak pintar dengan koin asli blockchain.

Beragam Coin Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum,Binance,Tron,Doge

apa itu Coin Crypto ?

Koin Kripto adalah sebuah aset digital yang dapat di perjual belikan harga koin berbeda-beda tergantung harga kap pasar. 

  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • Binance (BNB) 

Ada banyak sekali coin cryptocurrency yang bisa kamu miliki atau diperjual belikan. Baik itu coin coin besar ataupun coin coin crypto yang baru release.

apa itu NFT ?

NFT adalah token yang tidak dapat dipertukarkan(Non-Fungible Token) sebuah berkas digital mencakup karya seni seperti Gambar, Video, Audio ataupun aset dalam sebuah Game yang identitas dan kepemilikannya terverifikasi pada rantai blok. 

NFT dapat di beli menggunakan mata uang crypto dan dapat di jual kembali di berbagai market. 

apa itu Swap ?

Swap dalam dunia crypto adalah pertukaran secara langsung sejumlah token cryptocurrency dengan token-token lainnya yang difasilitasi oleh layanan atau Flatfrom pertukaran tertentu. 

apa itu Exchange ?

Exchange crypto adalah platform di mana setiap orang bisa membeli dan menjual aset kripto dan mencocokkan harga penawaran dan permintaan yang disetujui.

Penjelasan pump dan dump dalam cryptocurrency

apa itu Pump ?

Pump adalah suatu aset yang sedang merangkak naik hingga harganya melambung tinggi. 

Pump juga disebut sebagai strategi yang dilakukan untuk menarik perhatian Trader lain untuk ikut membeli koin tersebut sehingga harganya akan turut meningkat pesat. 

Setelah harga dirasa cukup meningkat orang orang akan mulai berbondong bondong menjual koin tersebut atau TP (Take Profit) semakin banyak orang yang menjual koin tersebut maka harganya akan mulai memasuki fase dump 

apa itu Dump ?

Dump adalah penurunan harga sebuah koin atau aset tertentu disebabkan oleh terjadinya banyak transaksi penjualan dari pada pembelian pada aset tersebut. 

Dump juga bisa disebabkan oleh faktor lain bisa juga disebabkan oleh sebuah ISU Negatif kedalam pasar terhadap koin tersebut. 

apa itu FUD ?

FUD adalah strategi untuk menurunkan harga sebuah koin crypto Agar bisa di beli dengan harga murah Dengan cara menyebarkan kabar buruk kepada para pemegang koin tersebut agar terjadi penjualan besar besaran hingga akhirnya harga koin tersebut dump ( terjadi penurunan harga pesat )

apa itu Fomo ?

Fomo adalah sebuah strategi yang menghasut para trader pemula untuk di ajak membeli sebuah koin dengan isu-isu yang mengabarkan bahwa koin tersebut akan melesat naik. 

Semakin besar berita fomo beredar maka akan semakin menarik perhatian para trader pemula untuk membeli koin tersebut, karena dirasa takut melewatkan moment atau peluang yang di anggap akan menguntungkan. 

Apa itu rugpull, rugpull adalah jenis penipuan didalam dunia crypto

apa itu Rug Pull ?

Rug Pull adalah jenis penipuan dalam dunia crypto dimana pengembangan akan meninggalkan proyek setelah mendapatkan banyak keuntungan dari investor. 

Dengan cara menarik perhatian para investor besar yang tergoda dengan project si pengembang untuk membeli koin tersebut.

Setelah dirasa cukup mendapatkan keuntungan dari pembelian para investor, pengembang akhirnya meninggalkan project dan kabur sehingga aset yang di beli investor tidak lagi berharga. 

Sehingga candlestik akan menunjukan penurunan yang sangat drastis hingga kedasar yang artinya pengembang sudah meninggalkan dan membawa kabur hasil keuntungan dari para pembeli aset tersebut

TxId adalah sebuah bukti atau riwayat perjalanan transaksi dalam dunia crypto

apa itu TxID ?

TxID adalah sebuah bukti transaksi pembelian atau penjualan aset cryptocurrency yang terverifikasi.

Semua penjualan dan pembelian aset crypto akan memiliki TxID sebagai alat untuk melacak transaksi anda dengan code hash unik.

Kamu bisa melihat detail transaksi kamu disitus resmi, sesuai jaringan koin yang kamu miliki 

  • Bscscan 
  • Ethscan
  • Polygonscan dll.

apa itu Jaringan Crypto ?

Jaringan Crypto adalah sebuah Smartcontract yang di program untuk menerbitkan sebuah token kedalam jaringan crypto. 

Dengan system yang terdesentralisasi yang dimiliki oleh blockchain.

Contoh jaringan crypto adalah : 

  1. Bitcoin Network (BTC)
  2. Binance Smart Chain (BNB) dengan Kode jaringan BEP-20 dan BEP-2
  3. Ethereum (ETH) dengan Kode jaringan ERC-20 ERC-721 dan ERC-1155
  4. Tron (TRX) dengan kode jaringan TRC-10 dan TRC-20
  5. Polygon (Matic)
  6. Polkadot (ADA)
  7. Solana (SOL)

Dan masih banyak jaringan lainnya di dalam dunia crypto diatas hanyalah berbagai contoh jaringan yang sering di temui.

apa itu Holder ?

Holder adalah seseorang yang memegang aset crypto dengan jangka waktu panjang biasanya seorang holder mempunyai komunitas para pemegang aset crypto yang sama. 

apa itu Scalping ?

Scalping adalah teknik dalam melakukan trading jangka pendek maksudnya, sebagai trader kripto anda membeli suatu koin saat harga sedang turun, dan menjual saat harga naik walaupun hanya ada kenaikan sekian persen dalam waktu singkat biasanya scalping dilakukan dalam waktu per 5 menit atau 15 menit dan seterusnya 

"Scalping singkatnya adalah kebalikan dari hold"

Teknik ini meminimalisir penurunan harga yang signifikan di kemudian hari 

Pengertian atau istilah to the moon dalam dunia trading

apa itu To The Moon ?

To The Moon dalam dunia crypto adalah istilah yang menandakan suatu aset crypto yang sedang tren positif hingga harganya melesat tinggi bagaikan terbang ke bulan. 

Sehingga banyak para pemain crypto yang menggunakan istilah ini untuk menandakan suatu aset yang Harganya sedang melesat terbang tinggi ke bulan 

apa itu Whitelist ?

Whitelist atau Daftar Putih adalah mekanisme yang memungkinkan beberapa orang yang berpartisipasi untuk dapat mengakses Hak Istimewa, Layanan, Mobilitas, atau pengakuan tertentu.

Istilah join whitelist dalam crypto adalah untuk mendapatkan sebuah hak istimewa dari penyelenggara terhadap sebuah aset yang akan release. 

apa itu Presale atau ICO ?

Presale atau ICO adalah sebuah penjualan token yang dikeluarkan pengembang sebelum penjualan resminya di luncurkan . 

Biasanya harga presale akan jauh lebih murah dibandingan penjualan resminya nanti pada saat diluncurkan. 

Tujuan presale ICO adalah untuk mengumpulkan dana sebelum peluncuran koin resmi di publikasikan. 

apa itu ATH dan ATL ?

ATH (All Time High) yang berarti adalah titik atau harga tertinggi yang di capai sebuah aset digital sejak dicatat pertama kali. 

ATL (All Time Low) yang berarti adalah titik atau harga terendah yang disentuh suatu aset digital sejak pertama kali dicacat. 

apa itu Titik Support ?

Tiktik Support adalah tingkat atau area harga tertentu sebuah aset digital yang dapat diyakini Saat menyentuh support, harga akan berbalik naik 

Biasanya titik support adalah area bawah yang tercatat dalam penurunan terakhir suatu aset.

apa itu Koreksi ?

Koreksi dalam crypto adalah kondisi yang menggambarkan harga crypto mengalami penurunan setelah mencapai harga tertingginya. 

Dalam hal ini, penurunan harga dari koin crypto disebabkan karena koinnya sudah terlampau terbang tinggi sehingga harga koin akan turun dan mencoba kembali untuk menemukan harga pasarnya

apa itu Listing ?

Listing adalah peluncuran sebuah aset crypto pada sebuah Flatfrom Exchange agar bisa memulai Trading Fair perdagangan aset crypto setelah sebelumnya melewati persyaratan Tertentu untuk Kelayakan financial. 

apa itu Delisting ?

Delisting adalah penghapusan sebuah aset crypto di sebuah flatfrom umunya disebabkan oleh sedikitnya aktivitas perdagangan atau juga merujuk pada kebangkrutan suatu aset

apa itu Adress Wallet ?

Wallet Address adalah sebuah alamat dompet crypto di atas blockchain yang dibuat dari public key untuk bisa menerima atau mengirim sebuah aset crypto

Umumnya seperti No Rekening Bank, agar suatu koin kripto bisa dikirimkan dengan benar kepada pemilik atau tujuan pengirim. 

kamu bisa mendapatkan adress wallet kamu di dalam dompet crypto biasanya di awali dengan 

0x.....

apa itu Faucet ?

Faucet adalah cara mendapatkan sejumlah koin crypto gratis yang di berikan setelah menyelesaikan tugas sederhana. 

apa itu Scam ?

Scam adalah penipuan biasanya dalam komunitas airdrop scam bisa di artikan program airdrop yang tidak benar benar membayar anda. 

jikalau pun membayar mungkin hanya token yang tidak memiliki harga CMIIW

apa itu Koin Micin ?

Koin Micin adalah istilah untuk Koin yang baru datang atau pun koin dengan harga masih di bawah 1 Rupiah biasanya masih banyak angka 0 di depan seperti 0.0000000123 

Biasanya koin micin atau koin yang baru listing akan mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Sebaiknya kamu memanfaatkan moment itu untuk bisa mendapatkan profit. 

Baca juga :  Mengenal dunia virtual metaverse

Masih banyak istilah para pemain crypto mungkin di lain waktu akan saya bahas kembali 

Sulit di mengerti memang semoga harimu profit

Sekian tulisan sampah hari ini terimakasih telah berkunjung salam limbah negara.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url