Mengenal Manfaat, Fungsi dan Bahaya dari Dunia Virtual Metaverse.

Di awal tahun 2022 kini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan yaitu dunia metaverse.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini sudah mulai mengetahui akan keberadaan cryptocurrency dan tekhnologi metaverse, namun masih banyak yang belum memahami betul tentang manfaat, fungsi dan bahaya metaverse.

Sebelum kamu terjun ke dunia metaverse sebaiknya kamu harus pelajari terlebih dahulu dan kenali manfaat dan bahaya dari metaverse

Mengenal Manfaat, Bahaya dan Fungsi dari Metaverse dalam dunia Crypto

Manfaat dan bahaya memasuki dunia virtual Metaverse

1.1. Apa itu Metaverse ?

Metaverse adalah evolusi terbaru dunia digital, ini adalah bukti nyata pesatnya perkembangan dunia technologi.

Metaverse juga disebut sebagai dunia virtual, dunia yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata, kamu bisa melakukan apapun didunia virtual yang satu ini layaknya berada di dunia nyata.

Metaverse digadang-gadang menjadi gaya hidup masa depan yang lebih efisien. Sebuah era baru yang mampu mengkoneksikan manusia dalam waktu nyata tanpa mengenal batasan jarak dan geografis

Kelak pada saat era metaverse sudah dimulai dan sudah menjadi konsumsi mayoritas pengguna internet, mungkin media sosial yang kita gunakan saat ini akan tampak seperti barang primitif (tekhnologi usang).

Terkait dengan pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai membuat tekhnologi metaverse ini menjadi solusi terbaik untuk alternatif kehidupan manusia. 

Metaverse diciptakan dengan memadukan segala jenis aspek tekhnologi seperti konferensi video, media sosial, hiburan, game, musik, seni, pekerjaan hingga mata uang (crypto). Keunggulan inilah yang dapat membuat tekhnologi metaverse tampil sebagai revolusi dari industri Internet, 

1.2. Siapa penemu metaverse ?

Metaverse dimulai ketika Mark Zuckerberg pendiri dari flatfrom sosial media FACEBOOK mengumumkan pergantian nama perusahaan dari facebook menjadi META yang berarti metaverse . 

Mark Zuckerberg merubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta

Perubahan nama perusahaan ini dilakukan sebagai peralihan citra, perusahaan sosial media menjadi perusahaan tekhnologi. Maksudnya adalah mengubah pandangan terhadap perusahaan tersebut yang awalnya sering dikenal sebagai perusahaan sosial media kini berubah menjadi perusahaan tekhnologi.

1.3. Kapan metaverse dipublikasikan ?

Metaverse yang didirikan perusahan Meta pertama diluncurkan pada desember 2021 yang bernama Horizon Worlds. 

Horizon Worlds menawarkan kehidupan virtual tengan tekhnologi terbaik sehiy memberikan rasa kehadiran yang tampak realistis seperti berada  di kehidupan dunia nyata

Terkait itu semua Mark Zuckerberg saat ini masih mengembangkan tekhnologi dari Horizon Worlds dengan tekhnologi AI terbaru kecerdasan buatan.

Tidak hanya Meta, raksasa tekhnologi lainnya seperti Google, Microsoft, Apple tengah membangun flastform dunia virtualnya masing-masing dengan.

Semua raksasa teknologi kini berlomba-lomba untuk mengejar perusahaan game yang telah lebih dahulu memulai mengembangkan tekhnologi metaverse seperti Decentraland, Roblox, Fortnite dan Niatic

1.4. Bagaimana memasuki dunia virtual ?

Untuk menjalankan atau mendapatkan akses masuk kedunia metaverse kamu tentu memerlukan sebuah alat khusus yang di hubungkan kepada penggunaannya. Alat alat tersebut digunakan untuk melihat menggerakkan tubuh dll. 

Perangkat untuk dapat mengakses dunia virtual

Umumnya alat seperti kaca mata Oculus dan sarung tangan yang di buat khusus untuk mengontrol Gerak dan beberapa alat lainnya yang diperlukan untuk kamu  agar bisa merasakan dunia virtual seperti dunia nyata.

mungkin setiap perusahaan teknologi menggunakan alat yang berbeda-beda untuk dapat mengakses dunia virtual metaverse. Namun pada dasarnya alat tersebut dibuat untuk sebagai kontroler kamu di dunia virtual seperti console game pada umumnya. 

Semua alat yang di perlukan tentu untuk memberikan nuansa yang berbeda saat menjelajahi dunia virtual dan bukan hanya menatap melalui layar.

Metaverse sebuah dunia virtual menjadi alternatif di berbagai sektor kehidupan

fungsi dan manfaat dari metaverse sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan 

Fungsi dan manfaat dari dunia virtual

2.1. Dunia kerja dalam dunia virtual

manfaat metaverse yang pertama adalah Sebagia lahan kerja terbaru, jika kamu tidak memiliki pekerjaan didunia nyata mungkin di dalam dunia virtual kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan, Karena disini bisa memungkinkan banyak penyerapan tenaga kerja dan tidak mempunyai batasan sehingga membuka peluang lahan kerja yang cukup besar 

2.2. Dunia hiburan dalam dunia virtual

panggung hiburan didalam dunia virtual tentu dapat menjangkau lebih banyak pemirsa untuk menonton sebuah hiburan atau entertainment secara langsung didalam dunia virtual tanpa perlu datang langsung ke lokasi.

Dan untuk penyebaran berita juga tidak kalah penting karna dunia virtual ini terhubung dengan seluruh dunia secara real time.

2.3. Dunia pendidikan dalam dunia virtual

Baru baru ini kita menempuh pendidikan dari rumah yang di akibatkan oleh pandemi covid-19 jika saat ini mayoritas pendidikan online hanya mengandalkan tatap muka seperti video call, 

Di dalam dunia virtual untuk pembelajaran juga bisa dilakukan secara jarak jauh dan lebih memudahkan para pelajar karena mungkin bisa berkumpul secara virtual menggunakan karakter atau avatar masing masing.

dan tentunya akan banyak lagi manfaat dan fungsi lainnya yang bisa kita dapatkan dari teknologi Metaverse 

Resiko dan bahaya yang ditimbulkan dari dunia virtual Metaverse

Bayangkan jika dunia virtual tampak lebih nyata dari dunia nyata itu sendiri alantas apa yang kalian bayangkan jika saat ini terjadi ? 

Memahami bahaya yang dapat di timbulkan dunia virtual atau Metaverse

3.1. Terisolasi dari dunia nyata 

Bahaya yang sangat buruk adalah ketagihan hidup di dalam dunia Metaverse. jika sehari hari anda melakukan semua aktifitas Seperti Bekerja Belanja ataupun melakukan aktivitas lain di dalam dunia virtual kamu hanya Perlu duduk dirumah menggunakan alat dan merasakan dunia Metaverse sebagai sesuatu yang normal. 

Mungkin kamu akan Mulai terasa asing ketika melakukannya di dunia nyata 

3.2. Membuat orang menjadi malas untuk bergerak 

Bahaya yang paling nyata adalah ketika seseorang mulai malas untuk bergerak atau bersosialisasi di dunia nyata. dengan teknologi yang sekarang saja sebagian masyarakat khususnya anak muda sudah sangat jauh dengan kata bersosialisasi atau biasa di sebut dengan istilah Autis. "hanya fokus terhadap gadget masing masing individu"

Apa yang terjadi jika disuguhkan dengan tekhnologi yang semakin berkembang (metaverse) wah gak kebayang dah

3.3. Metaverse berbahaya bagi fisik dan psikologis 

Tidak hanya kesehatan fisik karena kurang nya minat mengolah tubuh, bahaya penglihatan karena sering menatap layar digital sampai  obesitas akan menjadi masalah yang akan terjadi.

Selain itu masalah psikologis juga tidak kalah mengkhawatirkan. kenikmatan berselancar di internet dengan menggunakan avatar sebagai karakter membuat penggunanya kelak mungkin susah untuk menerima kenyataan di dunia nyata.

3.4. Rentan terhadap kejahatan siber didunia virtual

Ya didunia metaverse semua dapat dilakukan termasuk hal buruk seperti penyebaran fitnah , berita palsu, hingga pencurian identitas pribadi bisa lebih leluasa dilakukan. 

Penyebaran berita dalam dunia virtual akan sangat cepat merambat dan diserap semua orang  bagaimana jika yang disebarkan adalah berita bohong?  Hmmm coba bayangkan sendiri 

"Teknologi membuat yang jauh terasa dekat dan yang dekat terasa jauh mungkin itu yang saat ini kalian rasakan" 

Metaverse Bisnis yang menjanjikan dimasa depan

Dengan hadirnya metaverse membuat berbagai macan merek dan brand-brand ternama seluruh dunia masuk kedalamnya.

4.1. Bisnis NFT di metaverse atau dunia virtual

Dalam dunia virtual anda juga bisa membangun bisnis seperti membangun sebuah toko, dan akan jauh lebih optimal menjual produk didunia virtual karena market di dunia metaverse layaknya onlineshop global karena sebagian pengguna diberbagai negara berada didalam satu tempat.

Perlu diketahui juga produk yang akan hadir di metaverse itu semua akan berbentuk NFT (Non-Fungible Token) dan pembayaran di dunia virtual hanya menggunakan mata uang crypto. Jadi produk yang bisa kamu perjual belikan adalah dalam bentuk asset digital atau NFT

adalah brand Gucci yang sudah memulai debutnya di dunia metaverse menggunakan NFT sebagai produk koleksinya. 

NFT atau produk digital juga akan menjadi beberapa jenis seperti pakaian, karya seni, video atau audio. suatu brand besar ternama yang membuat produk NFT pastinya menawarkan sensasi kemewahan digital yang hanya dapat di nikmati di metaverse. ( NFT dari branded terkenal dengan harga mahal adalah salah satu cara pamer di dunia virtual )

Selain bisnis nft, beberapa flatfrom seperti Sandbox dan Decentraland menyediakan juga fitur lainnya seperti jual beli tanah virtual

4.2. Bisnis jual beli tanah virtual

Tidak salah lagj layaknya dunia nyata kamu juga bisa jual beli tanah virtual dengan menggunakan mata uang kripto. 

Tentu tanah virtual tersebut bisa kamu jual kembali atau mendirikan sebuah bangunan seperti kantor, mall atau apartemen untuk kamu sewakan kembali dan mengambil untung dari bisnis tersebut. 

Sudah bersiap dengan kedatangan tekhnologi metaverse ?

"Bagaimanapun perkembangan technologi tidak bisa kita cegah, kita hanya perlu bijak dalam memanfaatkan tekhnologi yang sedang berkembang ini, untuk bisa mengambil Manfaat dari sisi positif teknologi untuk kehidupan manusia"

Yang perlu dipahami, kita perlu untuk membatasi penggunaan metaverse sejauh mana penggunaan yang diperlukan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Sulit di mengerti memang dunia metaverse ini semoga hari-harimu traveling. Salam dari saya limbah negara. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url