Contoh Penipuan di Sosial Media! Waspada saat bertransaksi

Facebook adalah jejaring media sosial yang banyak digunakan masyarakat diseluruh dunia untuk bertukar informasi atau sekedar menyapa teman. 

Banyak sekali fitur yang di berikan di facebook untuk mempermudah para penggunanya. 

Dibalik fitur fitur yang memberikan kemudahan tersebut. tentu akan selalu ada oknum oknum yang memanfaatkan kemudahan di  jejaring sosial media ini untuk mengambil keuntungan atau berbuat jahat. 

Ini yang harus anda waspadai cara mereka melancarkan kejahatan di jejaring media sosial.

Hal-hal yang harus di waspadai di facebook agar tidak menjadi korban penipuan.

Hal-hal yang harus di waspadai di facebook agar tidak menjadi korban penipuan

1. Waspada Penipuan Akun Palsu 

Akun Palsu adalah senjata utama oknum oknum tertentu untuk melancarkan aksi kejahatan untuk maraup keuntungan dengan cara merugikan banyak pihak. 

Tidak sedikit yang menggunakan akun palsu di jejaring sosial media. Apupun Flatfrom media sosial yang digunakan tentu akan selalu banyak bertebaran akun akun palsu.

Jadi sebaiknya anda harus pintar pintar untuk bisa menghindari akun akun palsu ini, Tentu tidak semua akun palsu ini digunakan untuk penipuan, Sebagian kecil mungkin ada yang benar mengunakan akun palsu ini memang untuk menjaga privasinya.

Tapi tidak sedikit juga  yang menggunakan nya untuk melakukan kejahatan atau penipuan, Kebanyakan oknum kejahatan di facebook saat ini mengandalkan akun palsu untuk melancarkan aksinya khususnya penipuan. 

Bahkan ada yang sampai mengirim anda sebuah KTP atau data pribadi sang penjual untuk meyakinkan anda bahwa dia bukan penipu. 

Hati hati untuk yang satu ini data yang meraka berikan tidaklah asli , itu hanyalah trik agar mereka (penipu) bisa meyakinkan anda untuk bertransaksi dengannya 

Untuk memastikan data penjual itu benar adalah dengan cara memintanya mengirim ulang data diri nya berupa KTP atau Identitas lainnya dengan beberapa tulisan yang anda perintahkan untuk di tulis di secarik kertas lalu dikirim ulang kepada anda 

Jadi anda bisa tahu itu adalah ( Real Pict Real Time ) Jika dia tidak bisa membuktikan itu dengan berbagai alasan sebaiknya anda skip untuk bertransaksi dengannya.

2. Waspada Bertransaksi di Facebook

Cara melakukan transaksi online agar terhindar dari Aksi penipuan

Selain adanya fitur marketplace di facebook, anda juga mungkin banyak menemukan group group jual beli yang bertebaran. 

Didalam group atau komunitas itu sendiri pasti sering melakukan transaksi jual atau beli sebuah item baik itu Produk virtual atau Produk nyata

Hal yang harus di waspadai adalah saat melakukan transaksi, karena banyak sekali penipuan yang terjadi di jejaring sosial media yang satu ini, Entah itu  bertransaksi dari Marketplace ataupun anda ingin membeli suatu pada seseorang Yang tidak anda kenali sebelumnya. 

Hati hati juga jika ada yang menawarkan sesuatu kepada anda melalui sebuah pesan dari orang yang tidak anda kenali. 

3. Waspada Memasuki Sebuah Link atau Tautan 

Situs scam atau situs palsu yang bisa mencuri data dan identitas pribadi anda

Apa itu Link atau Tautan ? 

"Link atau Tautan adalah sebuah alamat website yang digunakan untuk menghubungkan satu halaman ke halaman lainnya"

Hati hati saat ada seseorang yang tidak anda kenali memberikan sebuah link atau tautan melalui chat messenger. 

Bisa saja itu adalah situs scam yang bisa mencuri data pribadi anda, untuk sebuah link atau tautan juga diperlukan sedikit perhatian, Karena kejahatan bisa terjadi melalui sebuah link 

Sejauh ini di facebook sendiri sangat sedikit yang menggunakan tautan untuk penipuan tetapi anda harus memberikan sedikit perhatian juga terhatap link atau tautan.

Jangan sembarang memasukan identitas pribadi anda pada link atau tautan yang di berikan kepada anda.

Bagaimana cara agar terhindar dari aksi penipuan di Facebook 

1.1 Cara mengenali Akun Fake atau Akun Palsu 

Cara mengenali Akun Fake atau Akun Palsu
Agar anda terhindar dari aksi kejahatan di facebook hal yang perlu anda waspadai adalah foto profil. 

Yang harus anda perhatikan pertama kali adalah foto profil telusuri telebih dahulu profil pengguna akun tersebut.

  • Tidak adanya foto profil
  • Foto profil artis atau selebgram 
  • Kualitas foto profil . Perhatikan kejernihan foto profil jika yang anda lihat buram atau pecah sebaiknya anda waspada.

1.2 Cara bertransaksi di facebook untuk menghindari penipuan 

Cara bertransaksi di facebook untuk menghindari penipuan

Jika kamu ingin membeli sesuatu pada sebuah akun di Facebook atau orang yang tidak dikenal yang harus anda perhatikan adalah point point sebagai berikut : 

  • Sebaiknya pembeli yang mencari penjual. Maksud saya adalah hindari jika seseorang menawarkan anda sesuatu melalui Private message/Inbox 

(Mereka yang mengirim pesan pertama kali dan menawarkan produk atau sesuatu yang sedang anda cari), Hindari jangan sampai kamu termakan oleh harga murah dan kata kata manis penjual. 

  • Mintai testimoni hasil penjualan akun tersebut apakah akun tersebut atau penggunanya dapat di percaya Perhatikan juga kualitas gambar Testimoni yang di berikan jika akun tersebut memberikan sebuah testimoni. 
  • Cek reputasi di sebuah group yang anda ikuti bersama. jika anda hendak membeli sesuatu pada sebuah akun yang tidak anda kenali cek terlebih dahulu reputasinya sebagi penjual. 

Cara cek reputasi seseorang di Facebook : caranya adalah anda buat sebuah postingan di dalam group yang sama-sama kamu dan penjual  ikuti.

Selanjutnya kamu tag penjual beserta screenshot profil facebooknya biasanya menggunakan kata kata "cek reputasi aman atau tidak"

Screenshot dibutuhkan karena jika penjual tersebut telah melakukan penipuan orang yang sudah tertipu tidak bisa melihat tag atau postingan kamu . Jadi sebaiknya sertakan screenshot profil agar hasil vote lebih merata. 

Lalu kamu tunggu komentar orang orang dalam group atau komunitas tersebut dan lihat voting mereka terhadap si penjual . jika reputasinya baik sebagai penjual komentar orang orang akan memberikan vote positif. 

Sebaliknya jika kebanyakan vote menyarankan hati hati sebaiknya anda hindari atau batalkan untuk melakukan transaksi dengan orang tersebut. 

  • System bertransaksi di facebook (hindari direct transfer), Jika anda hendak membeli sesuatu di facebook dengan orang yang tidak anda kenali untuk amannya anda bisa menggunakan jasa rekber 

Jika system adalah anda transfer terlebih dahulu kepada penjual hati hati karena besar kemungkinan penjual adalah Ripper (penipu) 

Jangan termakan kata kata manis penjual, penjual selalu menggunakan kata kata manis untuk meyakinkan pembeli namun para penjahat di Facebook selalu menginginkan system bertransaksi direct transfer (pembayaran langsung) lebih baik anda waspada dengan system transaksi yang satu ini.

Cara bertransaksi di facebook untuk menghindari penipuan

"Kebanyak penipu menginginkan system Direct Transfer" Gunakan Rekber jika dirasa itu perlu !

Apa itu Rekber ?

"Rekber adalah singkatan dari Rekening Bersama atau pihak ketiga yang menengahi sebuah transaksi agar terhindar dari penipuan biasanya adalah admin group setempat atau juga Toko Online Ternama"

Tata cara menggunakn rekber akan saya bahas di postingan selanjutnya atau lebih baik anda menggunakan Rekber Toko maksudnya penjual tersebut memajang barang yang akan di beli oleh anda di sebuah online shop. 

Anda bisa check out melalui online shop tersebut dengan tautan atau link yang di berikan kepada anda oleh penjual

Jika menggunakan rekber setempat jangan lupa cek reput rekbernya. Selalu hati hati karena mungkin bisa saja penjual bekerjasama dengan Rekber tersebut. 

1.3 Cara melakukan transaksi online agar terhindar dari Aksi penipuan . 

  • Kenali akun penjual 
  • Cek testimoni dan cek Reputasi penjual
  • System transaksi ( Rekber disarankan )
  • Hindari direct kecuali akun itu memang asli sperti testimoni bagus , reputasi bagus dan nama bank pemilik sama dengan akun penjual
  • Hindari kata kata manis " Dijamin amanah" itu semua hanyalah bullshit 

Sekian dari saya semoga tulisan sampah ini bisa di pahami terimakasih telah berkunjung.

Karena saya sering menemui penipuan di jejaring media sosial jadi saya buatkan artikel ini untuk menambah pengetahuan anda agar bisa meminimalisir menjadi korban penipuan di facebook


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url