Pray for Japan ! Angin Topan Nanmadol Menghantam Jepang, Warga Segera Dievakuasi

"Diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang maksimal," katanya, mendesak warga untuk mengungsi lebih awal.  Prefektur Kyushu Selatan Kagoshima adalah tempat badai diprediksi akan mendekat atau mendarat pertama kali.  Badan cuaca memperkirakan bahwa Kyushu selatan diprediksi akan menerima 500 milimeter hujan pada hari Minggu sementara Tokai tengah dapat menerima 300 milimeter.

Dloplop - Topan super yang bernama Nan madol ini 'belum pernah terjadi sebelumnya' di Jepang, Para menteri badan meteorologi mendesak agar segera dilakukan evakuasi.

Angkatan Laut AS juga telah menetapkan Angin topan Nanmadol sebagai badai tropis paling merusak yang melanda Jepang sepanjang sejarah.

Pulau Kyushu bagian selatan Jepang berada di jalur Angin topan "sangat berbahaya", dan badan cuaca di Jepang telah menyarankan warga untuk meninggalkan daerah itu sebelum angin kencang tiba.

Pada hari Sabtu, badan cuaca melaporkan bahwa Topan Nanmadol melewati dekat pulau Minami Daito yang terisolasi, 400 kilometer (250 mil) timur pulau Okinawa, dengan hembusan hingga 270 kilometer (168 mil).

"Akan ada risiko akibat badai yang belum pernah terjadi sebelumnya, gelombang tinggi atau lebih buruk bisa menyebabkan Tsunami, gelombang badai, dan rekor curah hujan," Ucap Ryuta Kurora, kepala unit prakiraan Badan Meteorologi Jepang, kepada wartawan.

"Diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang maksimal," katanya, mendesak warga untuk mengungsi lebih awal.

Prefektur Kyushu Selatan Kagoshima adalah tempat badai diprediksi akan mendekat atau mendarat pertama kali.

Badan cuaca memperkirakan bahwa Kyushu selatan diprediksi akan menerima 500 milimeter hujan pada hari Minggu sementara Tokai tengah dapat menerima 300 milimeter.

Badai Nanmadol sebanding dengan badai tingkat SSS

Badai kemudian diperkirakan akan berlanjut ke utara pada hari berikutnya sebelum mencapai bagian utama Jepang.

Departemen meteorologi Jepang kemungkinan akan mengeluarkan alarm tertinggi untuk Kagoshima, menurut Kurora.

"Angin akan sangat kencang sehingga beberapa rumah bisa roboh," ucap Kurora, memperingatkan akan banjir besar dan tanah longsor.

Dinas cuaca mengeluarkan "peringatan khusus" yang langka mengenai Topan Nanmadol, yang memberitahu dua juta orang di Jepang untuk mencari perlindungan sebelum datangnya badai, menurut penyiar nasional NHK.

Badai, yang kekuatannya sebanding dengan badai tingkat SSS Samudra Atlantik, diperkirakan akan berbelok ke timur dan melewati Tokyo pada hari Selasa sebelum menghilang ke laut pada hari Rabu.

Sekitar 20 topan melanda Jepang setiap tahun, dan negara tersebut saat ini sedang memasuki musim topan. Badai ini sering membawa hujan deras yang mengakibatkan kehancuran, tanah longsor atau banjir bandang.

Topan yang kuat sering menghentikan penerbangan, kereta api, dan jalan tol di Jepang, membuat jaringan transportasi negara itu terhenti. Agen perjalanan dan akomodasi biasanya bekerja sama dan menawarkan pembatalan atau penjadwalan ulang gratis untuk reservasi yang terkena dampak topan.

Topan juga selalu membawa kematian di masa lalu, di Jepang. Seperti Topan Isewan tahun 1959 yang merenggut nyawa hampir 5.000 orang.

Namun, kematian terkait topan telah menurun selama beberapa dekade terakhir.

Badai ini paling berbahaya ketika bertepatan dengan air pasang karena dapat menyebabkan tanah longsor, naiknya permukaan sungai secara tiba-tiba dari hujan deras, dan gelombang badai di sepanjang pantai.

Para ilmuwan mengklaim bahwa sebagai akibat dari perubahan iklim, badai menjadi lebih parah, dan peristiwa cuaca ekstrem seperti gelombang panas, kekeringan, dan banjir bandang semakin sering dan intens.

Next Post Previous Post