Tutorial dan Tips cara agar Android tidak lemot, 100% Smartphone jadi Responsif

Dloplop.eu.org - kamu sedang mengalami masalah android yang lemot dan berat saat menjalankan sebuah aplikasi. Dan kamu mencari cara agar android kamu tidak lemot ? Simak baik-baik yuk.

Tentunya masalah android lemot adalah masalah yang sering dialami hampir semua orang yang mempunyai smartphone android.

karena seringnya masalah ini terjadi bahkan sampai teman-teman saya sendiripun mengalaminya maka saya akan berikan sedikit tips agar android kamu tidak lagi lemot. 

Tips Agar android Tidak lemot Dan kembali ke performa Optimal. 

Cara agar android tidak lemot, Tips perawatan android

1. Cek Penyimpanan Internal 

Sebelum ke cara membuat android anda kembali ke performa terbaiknya sebaiknya kita cek terlebih dahulu penyimpanan Internal smartphone kamu. 

Penyimpanan atau memory internal sendiri menjadi salah satu penyebab utama android kamu menjadi sangat lemot dan berat. 

Penyebab android lemot adalah memory internal yang dalam keadaan penuh sebaiknya gunakan memory External
Contoh penyimpanan memory internal android yang penuh, penyebab android menjadi lemot

Perhatikan seberapa besar penyimpanan yang kamu gunakan sekarang silahkan cek terlebih dahulu. Dan sebaiknya penyimpann internal yang kamu gunakan untuk menyimpan data kamu tidak lebih dari 80%. 

Lebih dari itu sebaiknya kamu menggunakan memory external atau MicroSD 

Selalu sisakan penyimpanan internal kamu 20% sampai dengan 30%. Penyimpanan bisa di ibarat sebagai paru paru smartphone semakin banyak data yang menumpuk akan membuat Smartphone kamu semakin sesak untuk bernafas.

2. Hindari Menginstal Banyak Aplikasi 

Jika data di memory internal kamu memang sedikit dan tidak banyak memakan memory mungkin penyebab memory kamu penuh terdpat pada aplikasi aplikasi yang kamu gunakan.

Menginstal banyak aplikasi tentunya akan memakan penyimpanan kamu . Sebaiknya hindari menginstal banyak aplikasi dalam smartphone kamu 

3. Bersihkan Cache aplikasi 

Untuk membuat android kamu menjadi lebih ringan kamu mesti menghapus cache, mungkin saja saat ini cache yang digunakan sudah sangat menumpuk sehingga membuat android kamu menjadi lemot. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menghapus cache tapi tidak saya sarankan.

Kenapa ? Karena kamu akan menginstal sebuah tools pembersih cache di android yang akan menambah aplikasi di android dan memakan memory internal kamu.

Jadi saya sendiri menyarankan kamu untuk menghapus cache secara manual. Walau memakan waktu tapi untuk performa android kamu kenapa tidak. Anggap saja perawatan rutin tiap bulan 

4. Menghapus dan Menonaktifkan Aplikasi yang tidak digunakan 

Cara menonaktifkan aplikasi android yang tidak penting agar android tidak lemot
Aktifkan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak penting, ada di menu info aplikasi
Saat ini smartphone android sendiri sudah di bekali aplikasi bawaan yang jarang sekali di gunakan oleh penggunanya . atau hanya aplikasi sampah yang memberatkan android 

Kamu bisa hapus aplikasi yang tidak penting tersebut atau menonaktifkannya.

Itu akan sangat membantu meningkatkan mobilitas Android yang sedang kamu gunakan agar smartphone menjadi lebih smooth dan responsif.

5. Paksa berhenti aplikasi

Saya bisa menebak saat kamu membaca tulisan ini ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang kamu.

Kamu bisa lihat sendiri saat ini dimenu Recent app apakah ada aplikasi yang sedang terbuka ? Jika tidak ada. apa kamu yakin tidak ada aplikasi yang sedang berjalan saat ini di latar belakang? 

Cek satu persatu aplikasi kamu dan lihat apa dia sedang berjalan di latar belakang kamu. Perhatikan gambar pada point ke 4. Di sebelah kanan adalah contoh aplikasi yang sudah di paksa berhenti sehingga tidak lagi menghabiskan Ram memory android kita.

Sebaiknya kamu paksa berhenti aplikasi  yang sedang tidak kamu gunakan agar ram android kamu mempunyai banyak ruang untuk bernafas. Kamu bisa cek dimenu info aplikasi yang berada di pengaturan.

Aplikasi yang berjalan dilatar belakang mempengaruhi kinerja dari smartphone yang mengakibatkan android kamu jadi lemot dan bisa membuat mesin android menjadi panas.

6. Matikan fitur memulai aplikasi secara otomatis

Kebanyakan smartphone saat ini mempunyai fitur jalan kan otomatis saat dihidupkan.

Nah dari fitur tersebut sebaiknya kamu matikan beberapa aplikasi yang menurut kamu tidak menjadi prioritas. Kamu bisa matikan agar aplikasi tersebut tidak memulai secara otomatis

Jika semua aplikasi yang kamu gunakan di jalankan otomatis saat di hidupkan itu akan membuat aplikasi tersebut berada dalam posisi berjalan seperti yang berada di point no.5

7. Matikan widget cuaca 

Beberapa ponsel saat ini mungkin di halaman pertama ponsel Memiliki sebuah widget cuaca 

Android lemot disebabkan oleh aplikasi widget cuaca dan cam
Widget cuaca aktif penyebab android lemot

Ini hanya opsi saja jadi kamu bisa matikan widget tersebut atau gunakan tidak apa apa namun jika kamu ingin performa optimal kamu bisa matikan widget tersebut.

Matikan juga widget yang tidak dirasa penting. Karena sebuah aplikasi tentu berjalan menggunakan RAM sebagai bahan bakarnya tidak berjalan begitu saja tanpa bantuan Ram dan penyimpanan.

8. Hindari wallpaper hidup 

Fitur fitur smartphone saat ini memang di lengkapi fitur live wallpaper agar tampilan menjadi lebih menarik dan trendi

Jika kamu memilih untuk menggunakan performa dari pada tampilan ada baiknya kamu tidak menggunakan fitur live wallpaper diandroid.

9. Gunakan Memory External 

Sebaiknya kamu memiliki penyimpanan external untuk menyimpan beberapa data seperti foto, video , musik dan lainnya

External digunakan untuk menghindari penuhnya memory yang berada didalam penyimpanan internal kamu.

Walaupun smartphone kamu kelas high end sebaiknya kamu juga perlu menggunakan microSD atau memory external agar android kamu tetap dalam ke adaan optimal

10. Matikan fitur transisi

Kamu juga mematikan fitur transisi di android kamu agar smartphone kamu menjadi lebih smooth dan menjadi cepat 

Kamu bisa mematikannya di dalam menu pengaturan di bagian Opsi pengembang 

Matikan transisi android di opsi developer agar android tidak lemot
Pengaturan transisi pada menu developer android

Kamu bisa ubah skala animasi menjadi 0.5x untuk pengalaman android menjadi lebih cepat dan responsif atau juga kamu bisa mematikan fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan opsi pengembang kamu pergi ke

Pengaturan ➡️ System ➡️ Tentang ponsel ➡️ Informasi perangkat lunak ➡️ ketuk 7x pada nomor build 

Setiap smartphone berbeda beda untuk mengaktifkan fitur developer kamu tinggal cari saja letak Informasi Nomor build lalu ketuk sampai 7x.

Lalu akan muncul opsi developer biasanya dibagian tentang ponsel atau About

11. Ganti Aplikasi Ke Lite App

Alternatif lainnya adalah kamu bisa mengganti aplikasi serupa namun tak sama.

Misalnya media sosial Facebook kamu bisa mulai menggunakan Facebook Lite . Intagram Lite , Tiktok Lite dan lainnya. Karena aplikasi Lite dirasa cukup ringan untuk dijalankan. 

Di android saya sendiri selalu menggunakan facebook Lite dan tidak menggunakan massenger untuk mengirim pesan di jejaring media sosial facebook.

Karen Lite cukup ringan dan tidak membutuhkan tambahan aplikasi messenger untuk mengirim atau menerima pesan

Semua kembali kepada penggunanya sendiri saya hanya membagian cara saja agar android kamu menjadi lebih ringan dan tidak lemot. 

12. Menghapus history percakapan 

Yups percakapan di sebuah aplikasi juga sering memakan memory contoh saja Whatsaap dan Telegram tentu kamu tidak asing dengan Stiker, Fitur mengirim dan menerima gambar atau Video

Nah bagian yang menguras memory biasanya file file percakapan yang berbentuk gambar atau video . Karena semua akan masuk ke penyimpanan internal android kamu

Sebaiknya kamu hapus file berupa gambar gamar lama yang sudah di anggap usang yang berada di percakapan

Untuk Menghapus Whatsaap Media kamu perlu pergi ke

 File Manager ➡️ Penyimpanan Internal ➡️ Folder Whatsapp ➡️ Media 

Sesuaikan saja apa yang ingin kamu hapus. Apakah berupa File Video Gambar atau Voicenote. Masing masing berada di folder yang berbeda silahkan anda hapus yang dirasa menurut anda tidak berguna atau cukup usang. 

Mungkin hanya tips dari saya mengenai cara merawat smartphone agar tidak lemot. Semoga setelah ini performa smartphone android kamu meningkat ya. Yang perlu di ingat kembali untu merawat sebuah Android atau Smartphone adalah sebagai berikut

  1. Sisakan penyimpanan internal 30% dari total besar memory. Jika perlu gunakan external memory
  2. Banyak aplikasi banyak memakan memory
  3. Bersihkan cache rutin sebulan sekali 
  4. Matikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang 
  5. Menghapus file percakapan sebulan sekali

Sampai jumpa kembali di tips dan trik android lainnya semoga bermanfaat. Share juga pada teman-teman atau doi kamu biar terhindar dari android yang lemot.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url