Mengonsumsi telur mentah apakah berbahaya bagi tubuh ?

Dloplop - hallo sobat tersesat apakah kamu pernah mendengar atau melihat para atlet olahraga yang meminum telur mentah sebagai sumber protein? Nah, apakah telur mentah ini bagus untuk tubuh atau berbahaya sih... ? 

Mengonsumsi telur mentah apakah berbahaya bagi tubuh ?

Apakah tidak berbahaya?

Telur mentah itu berpotensi berbahaya. Kenapa? ya karena kita nggak tau telur mentah yang kita konsumsi mengandung Sallmonela atau tidak. Kalau kamu lagi apes & terinfeksi sallmonela karena telur mentah ya terpaksa kamu dilarikan ke Rumah Sakit.

Kalaupun perlu bagai cara mengolahnya agar aman untuk dikonsumsi secara mentah ?

Sobat tersesat, telur mentah itu tidak aman, ibarat kamu naik motor tanpa helm, kalau apes ya celaka itu kepala. 
Gini ya, telur mentah itu mengandung protein yang banyak, Tapi hanya 50% yang tubuh kita serap. Kenapa? karena protein yang ada dalam telur mentah belum terdenaturasi. Sekedar informasi, kalau kita mengonsumsi telur matang yang udah direbus maka tubuh kita bisa mencerna hingga 90% jumlah protein.

Cara mengonsumsi telur yang baik 

Cara mengonsumsi telur terbaik adalah dengan direbus selain mengurangi resiko bakteri Sallmonela, juga gizi yang hilang tidak banyak dan yang paling penting dari itu semua adalah tubuh kita mudah dalam menyerap protein.

Apa ini berlaku juga untuk kuning telur ? 

baik putih atau kuning telur, keduanya sama beresiko
Jadi untuk amannya lebih baik makan telur yang sudah direbus hingga matang

Bagaimana dengan kebiasaan orang jepang memakan Tamago Kake Gohan ( Nasi campur telur mentah) sebagai sarapan mereka ?

Menyikapi hal itu, sebenarnya apabila dilihat dari sisi ilmiah hal ini tentu tidak baik. Terdapat banyak kasus pula yang terinfeksi oleh beberapa parasit karena makanan mentah, paling banyak di Cina dan Jepang. Sama halnya dengan Tamago Kake Gohan, demi keselamatan, lebih baik untuk tidak mengonsumsi secara mentah.

Bagaimana dengan jamu yang ditambah kuning telur ayam atau bebek ? 

Anggapan telur mentah lebih menyehatkan daripada telur matang datang dari zaman dulu. Dimana banyak orang yang pecaya bahwa makanan mentah itu kaya akan gizi dan gizinya tidak rusak karena panas.

TAPI, ada tapinya nih. Makanan mentah seperti telur, proteinnya kaya tetapi sama tubuhmu dibuang, setengahnya ya karena yang sudah saya jelaskan tadi, tubuhmu kesulitan mencerna protein, alhasil kamu malah mendapatkan sedikit gizi yang ada pada telur itu.

Yang ada kamu membuka kesempatan untuk jutaan ekor Sallmonela tinggal dan menggerogoti tubuhmu secara perlahan, kamu mau hal ini terjadi? tentu tidak mau hal seperti itu terjadi pastinya.

Kesimpulan

Mengonsumsi telur mentah itu nggak baik dibandingkan dengan telur yang sudah matang karena 90% protein bisa kita cerna dengan baik. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url