Kenapa penyakit kanker sulit disembuhkan ? Obat obatan bisa menyembuhkan kanker

Kanker itu penyakit kompleks. Bisa disembuhkan atau tidak sangat tergantung dari:  1. Lokasi kankernya  2. Jenis sel kankernya  3. Seberapa menyebar kankernya  4. Apakah kondisi tubuh pasien mampu bertahan dari proses pengobatannya    Jangan mengira kanker itu hanya 1 jenis penyakit. Kanker ada ratusan jenis, dan setiap jenisnya pengobatannya berbeda.


Kanker itu adalah penyakit kompleks. Bisa disembuhkan atau tidak sangat tergantung dari:

  • Lokasi kankernya
  • Jenis sel kankernya
  • Seberapa menyebar kankernya
  • Apakah kondisi tubuh pasien mampu bertahan dari proses pengobatannya

Jangan mengira kanker itu hanya 1 jenis penyakit. Kanker ada ratusan jenis, dan setiap jenisnya pengobatannya berbeda.

1. Apa itu kanker?

Kanker adalah sel-sel yang berevolusi dengan cara membelah diri tanpa bisa dikontrol sel kanker sifatnya merusak 

2. Kenapa kanker bisa ada ditubuh manusia?

Organ dibangun dari sel-sel, ya sejatinya cikal bakal kanker memang sudah ada di dalam tubuh, hanya butuh "kesalahan" ketika prmbelahan sel maka bisa membuat sel tsb merusak (kanker)

3. Penyebarannya di tubuh manusia kira kira berapa bulan?

Tergantung dari jenis kanker tersebut, Ada kanker yang ganas dan ada pula yang membutuhkan waktu lama untuk menyebar

4. Mengapa masih banyak yang tidak bisa disembuhkan? 

Lokasi kanker pada organ vital tidak akan bisa disembuhkan karena organ vital kita untuk saat ini tidak bisa banyak dimanipulasi, misalnya kanker otak, paru, jantung, hepar, nasofaring. Organ tersebut tidak bisa dibuang seperti kaki dan tangan, kerjanya tak tergantikan.

Jenis sel kankernya, ada yang sangat ganas, dalam hitungan hari dari saat menimbulkan keluhan sudah menyebar ke banyak organ tubuh lainnya, dan kebal berbagai jenis kemoterapi.

Sebarannya, misalnya kankernya di tangan, tangannya mungkin bisa dipotong, tapi kalau kanker di tangan itu sudah nyebar ke otak, motong tangan ga akan menyembuhkan kankernya, udah jadi kanker tangan + otak.

Kondisi tubuh pasien, misalnya kankernya di kaki, bisa dipotong kakinya untuk membuang kankernya, tapi pasiennya punya sakit jantung, stroke, PPOK, kalau dilakukan operasi, ga akan kuat tubuhnya bertahan, pasti akan mati di meja operasi.

Untuk kanker belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan secara langsung, biasanya obat tersebut hanya menahan proses berkembang sel-sel kanker tapi ini semua tergantung tingkat stadium dari kanker tersebut. 

5. Ada obat kanker selain operasi?

Chemotherapy dan Radiotherapy yang paling umum. Yang blom umum tapi mulai dipakai spt Thermal therapy, Immunotherapy

Apa kanker yang sudah parah Chemotherapy masih berguna ? 

Chemotherapy digunakan sebagai langkah penyembuhan yang cukup ampuh jika dirasa kanker sudah mencapai stadium yang cukup tinggi.

6. Apakah masih perlu obat2an pada pasien keganasan (kanker) stadium akhir?

Masih perlu tapi perannya bukan untuk mengobati. Karna pada tahap akhir, pasien sudah masuk fase pengobatan paliatif. Artinya, sebisa mungkin pasien melewati fase terakhir hidupnya senyaman mungkin tanpa rasa sakit. Karena pada fase tersebut, untuk keganasan, sudah tidak bisa diobati lagi. Pasien hanya "menunggu" akhir hidup.

Tapi pada fase ini, bukan berarti bebas gejala.

Pasien masih akan dihantui keluhan seperti nyeri (cancer pain), perdarahan, mual, muntah, dll. Baik akibat kankernya sendiri maupun akibat obat2an sebelumnya, misal kemoterapi (Chemotherapy)

7. Apa penyebab penyakit kanker ? 

Banyak penyebabnya Bisa dari Turunan, makanan, ekspose ke zat2 kimia, stress dll. 

Sejak dini kita berpotensi terkena penyakit kanker karena kanker itu adalah sel biasa yang kehilangan kemampuan utk mengontrol pembelahan dirinya.

~semoga bermanfaat dan semoga kita disembuhkan dan dijauhkan dari penyakit kanker ~

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url