Apa itu KYC? Mengapa KYC diperlukan dalam Crypto

Dloplop - Saat mendaftar akun di bursa atau perangkat lunak terkait keuangan, pengguna harus melakukan KYC. Jadi apa itu KYC, mengapa perlu melakukan KYC di crypto, bank, bursa, proyek crypto ... maka silakan lihat jawaban terperinci di bawah ini.

Apa itu KYC? Mengapa Anda membutuhkan KYC?

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer dalam bahasa Inggris, digunakan untuk memverifikasi identitas pelanggan, memungkinkan lembaga keuangan untuk menilai profil risiko pelanggan untuk menilai kemungkinan menjadi penjahat keuangan mereka.

Apa itu KYC?

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer dalam bahasa Inggris, digunakan untuk memverifikasi identitas pelanggan, memungkinkan lembaga keuangan untuk menilai profil risiko pelanggan untuk menilai kemungkinan menjadi penjahat keuangan mereka.

Istilah KYC sering disertai dengan istilah AML, dimana AML adalah singkatan dari Anti Money Laundering yang artinya anti pencucian uang. AML memiliki arti yang lebih luas dari KYC, dalam proses AML termasuk proses KYC.

Saat ini, pertukaran mata uang kripto, perusahaan sekuritas, dompet elektronik, dan lembaga keuangan sebagian besar mengintegrasikan proses KYC ke dalam program AML mereka.

KYC mengacu pada proses yang harus dilalui oleh pertukaran kripto, bank, atau lembaga keuangan untuk:

  • Verifikasi identitas sah klien mereka
  • Kelola, klasifikasikan, lacak, pantau pelanggan mereka dengan lebih baik
  • Mencegah penipu, pencuci uang atau mereka yang ingin melakukan kegiatan ilegal
  • Lindungi keselamatan pelanggan

Alasan kenapa KYC diperlukan 

Investor biasanya harus melakukan KYC dalam kasus berikut:

  • Buka akun perdagangan di bursa cryptocurrency seperti Binance, Coinbase, Remitano, Gate.io…
  • Buka rekening perdagangan efek perusahaan efek seperti SSI, MBS, VnDirect, TCBS...
  • Buka rekening bank, online atau offline
  • Buka rekening kartu kredit bank
  • Buka akun di platform e-wallet

Proses Verifikasi KYC Dasar

Biasanya, untuk melakukan proses KYC, lembaga keuangan akan melakukan 3 langkah dasar sebagai berikut:

Langkah 1: Kumpulkan informasi pelanggan

Informasi yang biasanya dikumpulkan oleh bursa, bank, atau lembaga keuangan meliputi:

  • Nama depan dan belakang
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Tanda Penduduk
  • Nomor telepon
  • Tanggal, bulan, tahun lahir
  • Alamat tempat tinggal tetap dan sementara
  • Kode pos…

Langkah 2: Kumpulkan catatan identitas

Ketika Anda membuka rekening di bank, ID kewarganegaraan Anda akan difotokopi dan disimpan oleh bank. Saat Anda melakukan KYC melalui pertukaran seperti Binance, Anda perlu mengambil foto kedua sisi KTP/Kartu ID Anda saat melakukan KYC.

Selain itu, Anda juga perlu mengambil foto wajah Anda selama proses KYC ini.

Langkah 3: Bandingkan dan periksa informasi untuk menyelesaikan KYC

Setelah memperoleh informasi pribadi pelanggan, informasi ini akan diperiksa dan dibandingkan untuk melihat apakah itu benar. Pengecekan informasi akan dilakukan oleh mesin dan teknologi.

Jika rekonsiliasi dan verifikasi informasi selesai dan Anda memenuhi persyaratan untuk berpartisipasi dalam sistem perusahaan keuangan, proses KYC akan dilewati.

Apakah KYC sangat diperlukan?

Padahal, melakukan verifikasi identitas nasabah KYC hanyalah persyaratan wajib bagi lembaga keuangan, perusahaan asuransi, dan bank.

Adapun pertukaran cryptocurrency, peraturan KYC tidak 100% wajib, tetapi tergantung pada pertukaran. Misalnya, Binance akan memaksa KYC untuk melakukan proses jual beli koin melalui P2P. Adapun pertukaran seperti Uniswap, SushiSwap, Bisq dan pertukaran terdesentralisasi (DEXs) biasanya tidak memerlukan KYC.

Apa Manfaat dari  KYC ?

KYC membantu meningkatkan transparansi dan kepercayaan di antara pelanggan

Verifikasi identitas pengguna membawa transparansi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ketika pengguna merasa yakin bahwa bursa atau lembaga keuangan mereka mengambil tindakan proaktif dan preventif untuk melindungi akun mereka, mereka kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan, lembaga keuangan, atau bursa kami.

KYC membantu mencegah orang jahat dari pencucian uang, penghindaran pajak, dan penipuan

Banyak penjahat dan penjahat memanfaatkan kegagalan melakukan KYC dari beberapa lembaga keuangan dan perusahaan, sehingga mereka telah melakukan tindakan buruk, menipu pengguna lain dengan kerugian hingga miliaran dolar. Dengan demikian, verifikasi identitas yang kuat dapat secara signifikan mengurangi aktivitas penipuan dan meningkatkan reputasi pasar perusahaan/lembaga keuangan.

Melalui proses KYC yang sukses, pelaku bisnis akan mengetahui bahwa pelanggan itu nyata, yang memiliki identitas yang jelas dan dapat menghubungi pelanggan bila diperlukan. Orang jahat juga akan takut untuk KYC identitas asli mereka dan juga akan membatasi pelaksanaan penipuan.

KYC membantu bisnis mengurangi risiko hukum

Persyaratan hukum terkait pertukaran, perusahaan keuangan akan semakin meningkat untuk melindungi pelanggan mereka. Jadi dengan proses KYC yang kuat, bisnis ini akan mampu memimpin industri, menunjukkan akuntabilitas dalam menjalankan bisnis, dan mengurangi risiko hukum yang terlibat.

KYC membantu perusahaan mengelola, mengklasifikasi, melacak, dan memantau pelanggan dengan lebih baik

Melalui proses KYC, perusahaan keuangan dapat mengklasifikasikan pelanggannya sesuai dengan kriteria tertentu. Pada saat yang sama dengan subjek yang dicurigai, perusahaan-perusahaan ini juga dapat melakukan pelacakan, pemantauan, dan penerapan tindakan pencegahan.

KYC membantu memulihkan akun pengguna

Jika pengguna lupa akunnya atau kehilangan akses karena dicuri oleh orang lain, melalui KYC, perusahaan/lembaga keuangan dapat membantu pelanggan memulihkan akunnya dengan cepat.

Kesimpulan : KYC adalah bentuk verifikasi identitas yang dianggap aman dan efektif jika Anda melakukannya untuk bertransaksi di bursa, bank, atau perusahaan keuangan terkemuka. KYC akan membantu mengurangi risiko pelanggan ditipu atau dimanfaatkan oleh orang jahat untuk mencuci uang… Namun, Anda juga harus memperhatikan bahwa KYC hanya boleh dilakukan saat membuka akun di agensi dan organisasi terkemuka untuk mencegah informasi pribadi Anda dicuri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url